Senin, 04 Maret 2013

Petruk Dadi Ratu

 

PETRUK DADI RATU

Dari dalam kamarnya, Pak Ageng memperhatikan dan mendengarkan suara merdu yang tidak asing di telinganya. Menggambarkan sebuah cerita wayang dengan formula humor serius. Yaa… itu suara Pardjo yang sedang melakonkan sebuah kisah. Digenggamannya terdapat tiga tokoh wayang kulit. Satu berbentuk raksasa di tangan kiri dan dua berbentuk Punokawan yaitu Semar dan Bagong.
” Jagad... Dewo Bathoro jagad.... Heeehh...!!! Kowe manungso elek-elek rupamu... pendek-pendek bentukmu. Opo arep golek patimu kowe teko mrene? Hheeehh....“ kata raksasa kepada kedua punokawan Semar dan Bagong itu.
„Eeehh...... mbegegeg ugeg ugeg sadulito...... kowe masio to dadi rasekso sak gunung gedhemu, aku ora bakal lali marang suaramu. Muliho le tole anakku lanang.“ Kata Semar sembari mengingatkan kepada sang raksasa.
„Heehh...!! wong tuwek elek. Ojo kowe ngaran arani marang aku. Banjur ngaku ngaku yen aku anakmu. Ngertio kowe hheehh.... wong cebol koyo cendol. Aku iki rojo rajane poro dewo ono kene iki. Kabeh poro Dewo tunduk marang aku. Eee.. lha kok kowe malah wani karo aku.“
„Kakang Petruk... masio to elek elek ngene......, tuwek tuwek ngene....., cebol cebol ngene iki ora liyo maneh yo Bapakmu.“ Bagong berusaha ikutan mengingatkan kakaknya si Petruk.
“Ojo melu-melu kowe bocah cilik ora ngerti cilice….!! Tuwek ora ngerti tuweke….!! Ngertio kowe. Ora ono wong sing paling kuoso neng kene, kejobo yo mung aku iki.”
“Sampeyan kuosone opo wae to kakang Petruk…….??” Bagong merespon statemennya Petruk.
“Pitakonanmu ojo mbok terusake….!! Bocah cilik…!! Kowe ora bakal nyandak opo sing dadi kuasaku ono ning Kahayangan ini….!”
“Sampean kuoso iku opo sampean neng Kahayangan iki dadi Pemimpin to kakang Petruk…..?”
“Petrak….! Petruk…! Petrak…! Petruk…! Iki ngono rojo rajaning rojo…!! Sing mimpin kabeh poro rojo kang arane Raden Satriyo Prabu Pethuk…!! Panguoso sing nguasani jagad sak isine iki, ngertio kowe. Heee….. bocah cebol…!”
“Halah keliru setitik wae rak ora opo-opo. Petruk dadi Pethuk….!! Opo kowe ora mesakke Kanjeng Romo to Kang Pethuk? Adoh-adoh soko ndunyo nganti nang Kahayangan ini yo mung nggoleki anake lanang sampeyan itu.”
“Eeh.. heh… hehh… mbegegeg ugeg ugeg, sing becik bakal ketitik, sing olo bakal ketoro tolee… anaku Petruk. Yen kowe pancen ora ngakoni aku iki bapakmu. Iki tampanono hadiahku  iki…….”!
Sontoloyo…..!! Pardjo gak ngerti kalau sejak awal saya mengikuti jalan ceritanya dari belakang. Saya duduk persis di belakang punggung Pardjo. Sehingga setiap gerakan dan dialog antara ketiga ponokawan itu saya tahu dimana letak kesalahannya. Namun begitu saya berusaha diam, saya lihat sejauh mana Pardjo dalam merefleksikan sebuah lakon wayang. Dan diluar dugaan saya tahu-tahu…… “ pruuuutttt……….”
“Duh…! Gombal amoh kamu ini Djo….!! Gak ngomong-omong lha kok kamu ngowos…….”
“Nggih ngapunten Juragan. Saya bener tidak tahu kalau Juragan mirsani kulo ndalang. Soale lakone niku lho Gan yang membuat ceritanya harus begitu.”
“Iyo tapi ambune kuwi lho Djo…..?”
“Mboten mambu kok Juragan….!! Ini kan hanya cerita….!”
“Ora mambu piye to Djo….?!! Bojomu melu kipas-kipas hidungnya itu….!”
“Saestu gan, kulo mboten ngowos kok. Yang tadi suara mulut saya karena Semar harus menghukum Petruk dengan senjata pamungkasnya to Gan….!”
“Iyo Kang sampean ngentut gitu lho…..” Pariyem menimpali pembicaraan karena memang mencium bahu busuk.
“Ora kok Yem…!! Itu tadi lambeku…, lambeku….., yang bunyi…”
“Tapi kang kenyataannya saya bau sekali kok…., paling-paling Kang Pardjo gak terasa ya. Sebab saking asyiknya ndalang.”
“Yakin... golagokin… aku ini nggak ngowos Yem….!! Tadi lambeku aja…..”
“Ya itu Yem yang namanya dalang sembunyi di balik wayang..” saya potong pembicaraan Pariyem yang tidak ada jluntrungnya itu.
“Maksude niku nopo to Gan…?” Pariyem balik Tanya ke Pak Ageng.
“Contohnya orang licik ya bojomu itu Yem. Jelas-jelas dhalange salah tapi malah nyalahkan wayange. Iku ngono arti sanepo.”
“Halaahh…. Saya malah tidak tahu apa itu sanepo Gan. Yang jelasnya aja niku nopo Gan?”
“Kamu itu Yem, ngerti apa? Dijelaskan kayak apapun kamu tetep gak nyandak. Isomu itu Cuma masak, cuci-cuci, seterika, nyapu.” Pardjo ikutan ngimbangi pembicaraan.
“Gak boleh gitu Djo kamu nang bojo. Semua orang pada prinsipnya berhak memperoleh pengetahuan dari apa yang belum diketahui. Lek mbok putus kayak gitu itu Djo, namanya kamu meremehkan kemampuan orang lain.”
“Nyatane emake Beny itu ya tetep aja kerjanya seperti itu to Gan…? Gak pernah naik pangkat.”
“Pangkat itu bukan ukuran Djo kalau kerja ditempat saya ini. Yang penting cekatan, cepat, trampil dan trengginas, itu metodologi kerja saya Djo.”
“Lek gitu Gan, apa gunanya berjuang cari utangan kesana kemari biar bisa naik pangkat. Tapi ternyata gak dapat jabatan juga, walau pangkate tinggi.”
“Sekarang saya tanya kamu Djo. Kamu kerja itu cari pangkat atau cari uang?”
“Kalau saya ya… pertama cari uang, keduanya cari pangkat to Gan.”
“Kenapa kok cari uang?”
“Ya untuk makan keluarga saya Gan.”
“Kenapa kamu cari pangkat?”
“Lha kalau pangkatnya naik kan gajinya juga ikut naik!”
“Pangkatmu naik. Gajimu juga naik. Tapi kebencian orang terhadapmu juga ikut naik. Apa kamu tetap nyaman kerja?”
“Lha nggih kersane to Gan. Orang benci. Iri. Itu lumrah adanya. Apalagi lihat orang yang berprestasi terus ngrasani, membenci itu umum to Gan. Biarin aja. Wong yang berjuang keras saya sendiri. Yang nanggung resikonya juga saya sendiri.”
“Itu namanya egosentris Djo kamu itu.”
“Coba to Juragan penggalih. Sekolah, sekolah sendiri. Bayar, bayar sendiri. Ujian, ujian sendiri. Mikir, mikir sendiri. Jadi pemimpin juga usahanya sendiri. Apa itu sikap egois?”
“Lek egois iku ora Djo. Tapi iku jenenge Pethuk! Iku lek dadi pemimpin yo mesti wae koyok Pethuk dadi ratu seperti sing mbok lakonke tadi Djo…..”
“Berarti kan yo leres to Gan lakone itu tadi. Kenapa Petruk bisa jadi begitu, ya karena perjuangannya sendiri.
“Tapi kamu tahu apa tidak bagaimana akhir ceritanya Petruk dadi ratu itu….?”
“Lha nggih niku. Pokokke selama Petruk jadi ratu di khayangan itu. Semua dewa tidak ada yang berani menantang kesaktiannya Petruk. Siapa yang menentang pasti dimutasi….”
“Ha… ha… ha… kowe ngerti mutasi barang to Djo…?! Dewa itu yang menentukan kehidupan lha kok malah dimutasi karo Petruk.”
“Nggih karena kesaktiannya Petruk itu tadi Gan. Yang akhirnya title jabatannya adalah Raden Satriyo Prabu Pethuk… Thuk… Thuk…”
Duh gusti nyuwun ngapuro. Baru kali ini saya lihat Pardjo mampu berargumentasi tentang perjuangan individu. Dalam tataran hidup ini antara intelektual dengan hubungan social harus matching. Kalau tidak ya efeknya seperti Pethuk dadi ratu itu kata Pardjo. Yaahh, sayapun maklum kalau Pardjo bersikukuh denga kata-katanya yang amat devensif itu. Karena memang keterbatasan informasi yang dimiliki Pardjo.
“Ooo alah Djoo… djo…!! Pertanyaanku tadi itu bagaimana hasil akhir dari ceritane Pethuk itu tadi Djo…..? apakah Pethuk semakin berjaya menjadi Pemimpin Kahayangan yang memimpin para Dewa itu Djo…..?”
“Nggih jelasnya kepemimpinan Pethuk ten Kahayangan itu semakin moncer saja. Hingga mampu memutasi banyak Dewa dari tempatnya semula.”
“Setelah para Dewa menempati pos barunya masing-masing, bagaimana seterusnya?”
“Ada salah satu Dewa itu yang tidak puas lantas menghimpun kekuatan baru untuk menggulingkan kedudukan Pethuk itu.”
“Apa kemudian Pethuk terguling?”
“Nyatane mboten ….!! Soale Petruk niku orangnya sangat sakti. Bapakke aja kalah sakti kok Gan…. Tapi akhire kahayangan morat marit. Bumi jadi banyak bencana. Kejahatan dimana-mana.”
“Kalau begitu Pethuk kan bikin bencana kehidupan Djo……!! Trus siapa yang mampu menghentikannya…? Pethuk sendiri apa bukan Djo…?”
“Berhubung Pethuk tidak bias menghentikan prahara di dunia, akhirnya Bathoro Narodo minta tolong Semar untuk mengamankan dunia ini Gan.”
“Kenapa kok Semar yang diminta Djo….?”
“Nggih soale Semar itu adalah Dewanya para Dewa yang asli. Tapi hidupnya mengembara dan menyaru jadi masyarakat paling miskin. Sehingga Semar banyak dicintai oleh banyak manusia.”
“Karena dicintai banyak manusia itu to Djo…? Akhirnya semar yang diminta menyelesaikannya.”
“Nggih… tapi Semar pinter. Bisa mencari sisik melik penyebab terjadinya prahara itu. Maka ketemulah sumber bencananya itu karena kebijakan sang Pethuk itu tadi. Makanya terus Semar mengajak Bagong naik ke Kahayangan Salendro Bawono dimana Prabu Pethuk bercokol.”
“Sekarang kenapa yang diajak kok Bagong…? Bukan Gareng…?”
“Bagong itu kan anak kesayangane Semar to Gan. Makanya kalau punya anak kesayangan itu pindah kemana saja anaknya itu ya mesti dibawa.”
“Opo Semar berhasil membujuk Pethuk itu tadi djo….?”
“Sak jane mboten berhasil. Tapi Semar niku ngerti ten pengapesane Prabu Pethuk itu tadi. Kemudian Pethuk di entuti sama Semar. Badar…. Akhirnya Buto galak yang bertitel Prabu Pethuk itu tadi kembali jadi Petruk lagi.”
“Lho Djo…!! Katanya kesaktiannya Petruk itu ngalah ngalahi bapaknya. Kan berarti semar kalah sakti dengan Petruk….?”
“Sakjane enggih….! Tapi berhubung membo-membo jadi Prabu Pethuk itu tadi, maka dapat dikalahkan oleh Semar. Lha kalau masih jadi Petruk pasti tetep sakti.”
“Sik Djo…. Perutku sakit Djo…. Aku tak nang mburi yo…..!!”
“Duh…! Juragan piyambak yang ternyata jadi Semar. Nggih kados niku wau senjatane semar…..”
“Lek iku mau jenenge semar mendem Djo…..”
“Ha… ha… ha… enggiiihhh…….!!!”
Catatan : Kurangnya Ketrampilan Sosial.
Kebanyakan orang yang kurang memiliki ketrampilan sosial beralasan bahwa “politik kantor”-lah penyebab kegagalan mereka. Namun, politik kantor tak lebih dari interaksi normal antara para karyawan. Bila anda mendapat kesulitan dengan “politik kantor”, mungkin anda benar-benar mempunyai kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain. Kebanyakan karier melibatkan orang lain. Seberapa pun hebatnya intelegensi akademis anda, tetaplah anda perlu memiliki intelegensi sosial, (misal, kemampuan mendengarkan, peka terhadap perasaan orang lain, memberi dan menerima kritik dengan baik). Orang yang memiliki intelegensi sosial tinggi mengakui kesalahan mereka, berjalan terus dan tahu bagaimana membina dukungan tim. Intelegensi sosial adalah ketrampilan yang bisa diperoleh dengan banyak berlatih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar